[DIY Recipes] Soto Kuah Santan

 

Halloha....karna aku ini adalah pecinta makanan yang namanya soto, kali ini mau berbagi resep soto cuma aku mulai bosan dengan soto yang itu-itu aja. Akhirnya setelah membaca di buku masak emak aku yang keluaran Yasa Boga, ketemulah resep soto dengan kuah santan.

Awalnya aku kira ini adalah resep soto ini sama dengan soto betawi tetapi ternyata berbeda. Berikut resepnya;


Bahan:
1 ekor ayam,belah 4-6
250ml santan kental
1000ml santan cair dari 1 ½ butir kelapa
2 btg serai memarkan
5 lbr daun jeruk purut
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas memarkan

Bumbu halus:
1 ½ bungkus ketumbar instan (aku pakai merek ketumbar bumbu desaku)
1 sdt jintan disangrai
1 sdt merica bubuk
3 siung bawang putih
7 siung bawang mereah
1 sdt jahe cincang
1 sdt kunyit cincang

Pelengkap:
Telur rebus
Tomat potong dadu
Perkedel
bawang goreng
jeruk nipis
cabe rawit halus
kerupuk emping
Cara membuat :
Tumis bumbu halus dan bumbu lainnya dengan minyak secukupnya sampai harum. Masukan ayam, aduk hingga kaku, tuang santan cair. Rebus dengan api kecil sampai ayamnya lunak. Angkat ayam, lumurkan 1 sdt garam lalu suwir-suwir dagingnya. Tuang santan kental ke kuah berbumbu, didihkan.

Bagi dan taruh perkedel, tomat,telur rebus, dan ayam dalam mangkok (bagi yang mau pakai soun juga gak apa-apa) lalu tuangkan kuah santan panas dan taburi bawang goreng. Hidangkan!


See ya!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea