Yuk kenalan dengan penyakit FUS pada Kucing

Assalamualaikum, readers....

Gimana puasanya siang ini? Mudah-mudahnya lancar dan bisa puasa penuh tahun ini.
Baiklah, sekarang aku mau posting tentang hewan peliharaanku.



Dolly umur 4 bulan

Sebenarnya ini sudah lama tapi tak apa, bukankah berbagi itu indah. Aku ini penggemar kucing. Aku punya tujuh kucing sekarang dirumah, meskipun dulunya ada tiga belas (udah dibagi-bagi untuk diadopsi). Dari tujuh kucing yang ada dirumah hanya ada dua kucing jantan.

Salah satu dari kucing jantan ku,— Dolly, terlihat kurang sehat. Awalnya aku kira biasa, nanti sembuh sendiri. Hari pertama Dolly masih terlihat riang meski dia sering bolak-balik ke box litter dan duduk didalamnya sangat lama. Hari berikutnya, Dolly sudah terlihat sedikit lemas meski mau bergurau dan tetap sering bolak balik box litter nya. Aku bilang ke mama, kalau sepertinya Dolly itu susah pipis karna ketika aku cek waktu dia keluar dari box litter itu tidak ada apa-apa. Kata ibu, lebih baik kita bawa ke vet sebelum terlambat. Hari ketiga kami bawa ke vet, kata dokternya ini sepertinya FUS dan dokter bilang ini merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar pada kucing. Aku sedikit shock, semoga Dolly tidak kenapa-kenapa.
Dolly ketika mau dibawa ke vet

Setelah diperiksa, untungnya si Dolly itu, masih dalam keadaan ‘sulit’ pipis bukan ‘tidak bisa’ pipis, jadi dia tidak perlu dipasangi kateter dan diopname. Dari beberapa kasus FUS, untuk kasus terparah adalah berujung kematian dan dipasangi kateter untuk merangsangnya pipis.
Dari penjelasan vet –nya Dolly, Yuk kita mengenal apa itu FUS, Bagaimana bisa terjadi, Adakah langkah pencegahan dan pengobatannya?

FUS (Feline Urological Syndrome) itu adalah suatu sindrom yang terjadi pada kucing ini ditandai dengan pembentukan kristal disaluran urine. Kristal tersebut kemudian akan menyebabkan inflamasi, perdarahan pada urin, kesulitan buang air kecil, serta beberapa kasus dapat menyebabkan obstruksi aliran normal urin keluar dari saluran urine yang dapat menyebabkan kematian. Menurut vet, kucing yang sering kena FUS adalah kucing jantan karna saluran urine-nya lebih sempit daripada kucing betina.

Untuk penyebab dari FUS ini belum bisa dipastikan tapi yang jelas bisa karna makanan kucing yang tidak cocok biasanya pakan kucing itu banyak mengandung mineral, kucing jantan dalam masa puber namun di stril oleh pemiliknya, stress dan obesitas pada kucing.

Sebelum aku pulang, vet sempat memberi tips tentang pengobatan dan pencegahan untuk FUS ini, berikut tips nya:
  • Berikan kucing makanan bagus (meski mahal tapi tak apalah)
Selama pengobatan, si Dolly disuruh ganti makanan ke makanan diet (urinary) makanan ini dikonsumsi Dolly selama dua bulan dan setelah itu sudah bisa kembali ke makanan biasa (biasanya Dolly makan pakan organic).
  • Ganti minum kucing dua kali sehari.
Kadang kita sebagai owner suka lupa mengganti air minumnya, karna minumnya masih ada. Mengganti air bisa membantu kucing menghindari FUS karna kucing yang terkena FUS harus banyak minum dan jangan ada sampah (seperti bulu, pasir) pada airnya.
  • Berikan vitamin ,obat cacing dan vaksin (lebih bagus jika konsultasi ke vet terdekat).

  • Sering cek box litter
Ketika kita akan membersihkan box litter, coba perhatikan pee dan poop –nya, apakah ada darah dsb.
 
  • Lihat tingkah lakunya.
Disini kita bisa lihat, apakah sang kucing sering mondar mandir di box litter dan lama didalam box litter tanpa mengeluarkan pee atau poop. Jika begitu, cobalah untuk memaksanya banyak minum, gunakan pipet untuk menyuapinya. Dan juga, waktu Dolly sakit itu dia disuruh minum air kelapa guna menganti ion tubuhnya.
Si aktif Dolly
Saat ini, Dolly sudah sembuh tapi bukan berarti FUS tidak kembali lagi. Jadi saya harus tetap terus memperhatikannya. Penangganan yang cepat bisa menyelamatkan kucing kesayangan anda.

Semoga artikel ini, bisa memberi pengetahuan baru.
 Salam,

Komentar

  1. eeiii,,,,,,,,bagus blog icha sekaranggg...... :)
    eon ng suka kucing,,,,, skrng di rumah lg miara lebah....alias ada lebah bersarang di pohon rambutan dan ng mau pergi... heeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe...itulah eonni jarang main ke blog icha kkk~~~....
      what? lebah? diasapin dibawahnya eon biasanya pergi gitu

      Hapus
  2. thanks for the info.
    untung, saya rajin ganti minum kucing dan kasih makanan berkwalitas
    kesian jika ada mpus yg sakit FUS..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia mbak kasian, dan untuk kasus ini kucing saya yang lain pernah terkena dan harus dipasangi kateter dan di opname di vet 3 hari. Beuhhh...kasian liat dia.

      Semoga artikelnya membantu ya mbak :D

      Hapus
  3. Assalamualaikum Icha, salam kenal... Nama saya Esty, kucing saya, Limong (jantan, 1,5 tahun) baru aja kena FUS sebulan lalu. Sampai sekarang masih terus berobat, kadang masih ada darah sedikit di pee nya. Berapa umur kucing Icha, Dolly, waktu kena FUS? Berapa lama berobat serta kemudian pulih? Soalnya saya kasihan nih,kucing saya minum obat terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam..salam kenal juga esty.

      Dolly terkena FUS itu umur 2 tahunan lebih. Waktu icha tulis artikel ini si dolly bisa dibawa balik dan dikasi obat untuk 2 minggu nah karna makan dolly ttp seperti biasa ternyata FUS nya kambuh dan harus dirawat sampai harus dipasang kateter 3 hari.

      Dan kembali minum obat 2 minggu. Kalau pengalaman icha sejak dia kembali dirawat tidak pernah sakit lagi, cuma kita harus sering perhatiin dia. Makan dia tidak boleh sembarangan dan dipisah gitu dari kucing lain. Kalau dolly itu awalnya makan makanan kering merek royal canin yang untuk urinary cuma itu kemahalan icha ganti dengan "maraket" biasanya pet shop tau kok. Dan hingga skrg dia tidak ada makan obat lagi.

      Cuma klo dia sering terlihat susah pipis ,biasanya icha kasi dia banyak minum dan kadang juga dikasi air kelapa muda buat ngerangsang dia pipis.

      Semoga bisa membantu ya jawaban icha xD

      Hapus
  4. mbak berapa besar biaya yg dulu dikeluarkan untuk mengobati penyakit tersebut? mohon dijawab, terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo..maaf baru balas, aku baru buka blog. ini kamu nanyanya sudah lama bgt.
      untuk obat sih wktu ke vet itu tidak mahal hanya saja kucing ku kan smpat di rawat inap sekitar 4hari 3 malam jadi kena sekitar 900-an plus dengan makanan khusus yg terkena FUS.

      Hapus
  5. Kucing sya sdh 4 hri gk bisa kncing.awalnya sya kira gk bisa pup. Ya saya beri mikrolax. Tetap juga ternyta kcing sya itu bkn gk bisa pup malah ssah kncing. Sdah lma emng susah kencing. Sedikit" kncingnya. Dan ada cmpuran drah. Tdk mau makan. Kmren sya ksih air kelapa. Alhmdulillah udh mau kencing.dan mau jalan. Kalo mkan sya kasi kuning tlur dlm suntikan. Tp kok kcing sya kencingnya banyak dn keseringan. Awalnya abis minum air kelapa dn smpe mlam kencing biasa dan banyak higlngga berkali".lalu ttakhir ada campuran darahnya. Volume kencingnya lebih bnyak dri yg dulu. Dulu nua haya 5 tetes saja. Gimana sarannya sis. Tolong bntuannya. Apa iyu kemajuan yg bgus? Atau kucing sya mlah akan mati kebyakan kencing dn mengndung darah ?? Saranya sis scptnya !! Makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak baru sempat balas. Mungkin setelah di kasi kelapa sih biasa dia melancarkan pipis dia. Klo saya baca dari komentar mbk kan kucingnya udh gk pipis 4 hri , ada kemungkinan kencingnya bercampur darah, dan wajar keluarnya banyak. Coba diperhatikan saya ditingkah lakunya, apakah sudah normal atau sering bolak-balik litterbox? Untuk air kelapa klo dia sudah bisa kencing,dihentikan saja mbak, dikasi air mineral biasa aja. Klo tak ada perubahan atau malah mengkhawtirkan tidak ada salahnya bawa ke vet terdekat

      Hapus
    2. Untuk makan, usahakan telurnya di rebus ya mbak jgn dikasi mentah tidak baik untuk kucing. Klo dia tidak nafsu makan coba di pancing sama makanan raw food yg basah kyk whiskas biasanya dia lebih mau makan itu klo dalam keadaan sakit.
      .
      .
      Maaf sekali lagi ya mbak, balasnya lama

      Hapus
  6. Ass,
    Sya mempunyai kucing sekitar umur 3 tahun lebih, baru-baru ini saya perhatikan kalo kucing saya pipis sangat lama. Dan bisa dikatakan kucing saya serinh bulak-balik untuk pipis dan dalam waktu yang lama. Pas saya cek memang kadang ada sedikit pipis yang keluar, tapi yang saya lihat tidak ada darah. Tapi setiap abis berusaha pipis kucing saya selalu menjilati alat kelaminnya. Apa itu juga termasuk FUS? Dan apakah royal canin urinary so bisa sangat membantu yang kering atau yang basah?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam..maaf saya lama balasnya. Sebab saya sibuk dan blog ini tidak terurus. Pipis lama itu bisa jadi indikasi awal FUS. Coba ganti makanya,Royal Canin Urinary sangat membantu . terserah mau yg basah atau kering. Tapi, kalau si kucing sudah lemes gak ada nafsu biasanya bisa dipancing dgn yg basah karna yg basah itu baunya lebih tajam. Cuma akan lebih baik, kamu cepat bawa ke vet kepercayaan kamu :D

      Hapus
  7. Assalamualaikum mbak Icha ya.. makasih tulisanya aq lg sedih bgt kucingku yg satu Bule namanya baru aja meninggal tdi siang karena sakit FUS itu telat dibwa ke drh ..pdhal sdh 2 kucingku yg kena FUS dua2nya jantan tpi alhamdulillah ketolong stelah dirawat yg 1 5 hr yg satu 8 hr sampai skrang sehat dgn masukan tulisan mbak bnyak menambah wawasan u para oenyayang kucing mdh2an kucing yg 2 ini bisa sehat trs aq baru tau air kelapa bisa mwmbantu itu air kelapa biasa ya mba ato air kelapa hijo makasih sebelumya wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mbak nila ,..sebelumnya turut berduka cita atas kucingnya. dan Maaf aku balasnya lama banget..maklum di kantor saya lagi hetic bgt jadi blog gak keurus.
      .
      alhamdulillah kalau tulisan ini bisa membantu sesama penyayang kucing. untuk air kelapa biasanya kelapa hijau langsung mbk tidak di kasi air lagi.

      Hapus
  8. Assalamualikum kak misi aku mau nnya aku punya kucing umurnya baru 9 blnan nah dia di umur sigini udh kena fus kasian bangetttttt ini pertama kali aku adop kucing karna aku masih org awan dg dunia kucing jadi aku udh ngerah aneh sama kucing aku tiap sbntr bolak balik litterboxnya dia habis itu dia maunya menyendiri aja yg biasanya nyuruduk2 sayang skrng gak trus aku bawalah dia ke vet taunya dia kena fus lah aku takutttt banget kak nangis liat dia kesakitannn gak ada ceria cerinya smaa sekali skmrg nah dipasanglah catteternya dia tp dia masih ngeden gitu di litterboxnyaa trus pipisnya masih sedikit2 banget aku gak tau musti ngapain apa emg kyk gitu ya kak habis dipasang catter masih gitu pipisnya ? Ya allah kasian banget kucing masih kicik udh kesakitan klu gak gantiin ke aku ajaaa ya allah kasian sumpah liat dia berdarah gak tegaaa musti gmnaaa gak tau musti diapain karna aku baru smaa sekli gak pernah pelihara kucing ini pertama kali ya allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam..
      Maaf baru bisa respon. Jika sudah terindentifikasi kena FUS sebaiknya makan juga di jaga maksudnya belilah makan khusus penyakit fus. Jika kucingnya rame dan sebaiknya makannya jangan sampai digabung sama dia yg terkena fus. Kucing ku alhamdulillah tak ada kambuh sejak makan dan minum di jaga.

      semoga jawabannya membantu

      Hapus
  9. Saran makanan murah untuk harian biar kucing tidak terkena FUS apa mbak? Soalnya saya biasa nya kasih bolt.. dan udah 2 kucing jantan saya terkena FUS gara gara itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk kucing aku itu makanan merek iskhan yg grain free saat ini. Sejauh ini untuk yg kena fus ini emang perawatannya lebih makan biaya lebih banyak cuma klo ishkan itu tergolong murah dibanding RC.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea