Serunya jadi Kakak "5 Menit" di Kelas Inspirasi 4 Pekanbaru



Hai semuanya....

Sesuai janji di postingan aku sebelumnya yang tentang kelas Inspirasi, di postingan kali ini aku akan tentang kelas inspirasi.
Kelas inspirasi adalah sebuah gerakan yang dipelopori oleh gerakan Indonesia mengajar. Kegiatan Kelas inspirasi itu sendiri adalah kegiatan kerelawaan dari berbagai profesi yang mau mengajar dan berbagai cerita tentang profesi mereka kepada murid-murid sekolah dasar dengan maksud memberikan motivasi kepada meraka untuk dapat meraih cita-cita mereka nantinya dalam satu hari.  Di Indonesia sendiri, Kelas Inspirasi sudah ada di beberapa kota seperti, Jakarta, Bandung,Yogyakarta,Surabaya,Pekanbaru dll.


Untuk Pekanbaru  sendiri, Kelas inspirasi sudah di adakan 4 kali dan Hari Inspirasi untuk kelas inspirasi 4 pekanbaru jatuh pada tanggal 21 november 2016 kemarin, yang dilaksanakan serentak di 17 sekolah di 9 kecamatan di Pekanbaru. Jadi aku mau cerita bagaimana keseruan dihari inspirasi kemarin.

 
Ini kali pertama aku gabung dikelas inspirasi meski sudah lama tau tentang kelas inspirasi. Aku bergabung di kelas inspirasi sebagai panitia lokal dan masuk kedalam divisi survey. Divisi survey sendiri adalah divisi yang melakukan survey terhadap sekolah-sekolah yang nantinya akan dilaksanakkan kelas inspirasi disana. Ketika survey aja sudah merasa seru karna mencari sekolah,berdikusi dengaan kepsek dan sudah terlebih dahulu mengetahui medan tempur (?) dihari insprasi nanti.

Setelah sekolah beres, maka nanti nyaa panitia lokal akan di rekrut menjadi fasilitator yang bertugas mendampingi dan mengontrol kegiatan disekolah yang akan dilakukan oleh relawan pengajar dan dilakukan briefing dengan para relawan pengajar untuk membahas apa saja yang akan dilakukan nantinya pada hari inspirasi.

Sekolah yang aku kunjungi ketika hari inspirasi adalah SDN 33 Pekanbaru di jalan Samanhudi. Untuk Sekolah ini aku bergabung dengan 8 orang lainny, yang terdiri atas para relawan pengajar, photographer dan videographer. Untuk relawan pengajar ini terdiri atas bermacam profesi diantaranya, arsitek, psikolog, dosen, marketing, operator produksi minyak dan conversionist. 

 
Kegiatan ini dimulai dari upacara pagi senin bersama guru,siswa dan para relawan kemudian briefing sekaligus perkenalan para relawan kepada guru-guru kemudian para relawan mulai masuk ketiap kelas untuk mengajar dengan durasi 35menit per sesinya. 


Dan tugas aku disini adalah menjadi time keeper yang mengingatkan waktu serta memberitahu ketika harus rolling class. Btw, karna aku sering mengunjungi kelas 5 menit sebelum kelas habis para siswa menjuluki aku dengan sebutan kakak lima menit *lol.  Ketika para relawan ini mengajar adalah sangat seru bagiku. Melihat anak-anak sekolah dasar itu memperhatikan para relawan mengajarkan ilmu baru kepada mereka, tertawa bahkan ada yang menangis. Melihat antusiasme mereka. Semuanya pengalaman berharga  pastinya untuk para relawan pengajar yang bukan dari kalangan guru SD.


 
Seluruh rangkaian acara berakhir pada pukul 12 siang dengan celebrasi di lapangan. Semua  siswa/i mengangkat kertas bertuliskan cita-cita mereka kemudian berfoto bersama. Setelah acara selesai, para relawan harus kembali ke lokasi d’briefing untuk refeksi dan bergabung dengan tim sekolah lain. Untuk keseluruhan rangkaian acara Kelas Inspirasi ini berakhir pukul 16.30 tapi buat panita sampai magrib cuma aku sampai dirumah jam 20.00 wib juga.*curhat*

 
Dari yang aku lihat, itu adalah pekerjaan yang melelahkan. Mereka memang bukan mengajarkan ilmu seperti guru-guru SD, meraka hanya membagikan pengalaman mereka namun itu sulit jadi, buat guru-guru yang mengajar ku dahulu terima kasih banyak.
 
 
Kalau bisa menuliskan satu kata untuk Kelas Inspirasi ini, aku bakalan menuliskan kata “nagih” and the last, terima kasih buat semua pengalaman berharga ini. Terima kasih buat Kepsek,guru,Staff ,siswa/i SDN 33 Pekanbaru atas apresiasi dan menerima kami dengan sangat baik. Terima kasih buat seluruh tim yang sudah bekerja keras. Terima kasih Mbak Santi, Mbak Harsini, Bang Arif, Bang Bane Doli, Bang Wanda, Annisa, Bang Tio dan Bang Tuah.

See You at Kelas Inspirasi berikutnya (jika diperbolehkan bergabung kembali).

Komentar

  1. paling seru memang mengajar di kelas yang bisa memberi inspirasi, semoga para guru2 dapat imbalan dan berkah dari Allah SWT :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea