TREN BARU, Mewarnai untuk orang dewasa.


Mewarnai acap kali dikaitkan dengan kegiatan anak-anak. Ketika kita sudah beranjak dewasa kita tentunya pasti meninggalkan hal itu. Tapi, seiring waktu dan perubahan zaman, kegiatan mewarnai menjadi sebuah trend. Mungkin di Indonesia tren ini belum menyebar luas tapi untuk dinegara-negara Eropa dan Amerika tren ini sedang mewabah. Untuk wilayah Asia tren ini agak lambat menyebar dan aku tau tren ini ketika seorang artis dari negeri Korea sana, Taeyeon “SNSD” memposting sebuah photo di akun instagram miliknya. Terbilang unik, ketika orang dewasa kembali menyentuh pensil warna atau crayon dan kembali mewarnai.





Menurut beberapa sumber, ternyata tren ini bukan hanya sekedar tren. Tren ini dapat menjadi bagian dari terapi psikis dari seseorang. Dan dalam ilmu psikologi, kegiatan mewarnai ini dapat di terapkan kedalam terapi relaksai. Psikolog yang pertama kalinya menerapkan teknik ini adalah Carl G. Jung di awal abad ke-20 .  




Seorang psikolog bernama Gloria Martínez Ayala mengatakan “ketika mewarnai, kita mengaktifkan dua bagian otak kita. Kegiatan ini melibatkan kedua logika, yang kita bentuk warna, dan kreativitas, saat mencampur dan mencocokkan warna. Ini menggabungkan bidang korteks serebral yang melibatkan keterampilan motorik halus. Relaksasi  bagian dasar otak kita terlibat dalam mengendalikan emosi yang dipengaruhi oleh stress.”

Berbeda dengan buku mewarnai untuk anak-anak. Biasanya buku mewarna untuk orang dewasa terbilang sulit jika anak-anak yang mewarnainya. Pola-pola yang terdapat didalamnya mempunyai banyak lekuk dan berbagai macam bentuk mulai dari hewan, travelling, cake,bunga, pola psychedelic dll. Di negara-negara seperti Perancis atau Inggris, buku mewarnai untuk orang dewasa adalah buku terlaris. Perancis penerbit Hachette bahkan memiliki koleksi yang disebut Art-Therapie dengan dua puluh volume de-stres termasuk semua jenis gambar dari buku-buku berupa kupu-kupu dan bunga untuk cupcakes, grafiti dan pola psychedelic. Ada juga buku Secret Garden.






Di Inggris buku ilustrator Mel Simone Elliot yang populer. Dalam bukunya, dia memberikan kamu pilihan untuk  mewarnai selebriti seperti Ryan Gosling, Lady Gaga, Beyonce dan Kate Moss dalam seri nya Warna adalah Baik.

 Jika kalian mau mencoba meringankan beban kalian mungkin kalian bisa mencoba melakukan ini. Buku mewarnai ini sendiri bisa kali beli ditoko buku terdekat.


Sumber kutipan :
“HuffPost Spanyol.
 

Sumber gambar :
http://www.pagelizard.com/wp-content/uploads/2015/04/secret-garden-inside-1017x675.jpg?9bff5d
Instagram Taeyeon SNSD
http://www.soompi.com




Komentar

  1. iya lagi ngetrend , mungkin benar bisa untuk terapi agar orang bisa konsentrasi atau fokus shg memnjadi rileks dan mengurangi stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia trend dan sekrang di toko-toko buku di indonesia sudah bisa ditemukan buku coloring dengan mudah :D terima kasih sudah kunjungi blog saya dan tinggalin koment :D

      Hapus
  2. Harga bukunya termasuk mahal..
    Kalo aku mending print patternnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali...aku jg print pattern trus di klip jadi satu, jilid deh bner2 hihi

      Hapus
  3. beli triplek dan beli cat minyak.... bikin lukisan abstrak kalau eon sih... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. triplek sama cat minyak lebih mahal kyknya, mendingan print aja hahaha :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea