[DIY Recipe] Mie Ayam Bakso






Assalamualaikum Wr. Wb…
Selamat Ulang Tahun emak ku tercinta. Berhubung tanggal 19 Oktober kemarin emak saya ulang tahun jadi saya memutuskan untuk membuat masakan untuk keluarga. Biasanya setiap anggota keluarga ada yang ultah pasti bikinin SOTO atau BAKSO tapi karna yang ultah emak jadi aku mau bikin sesuatu yang beda. Hitung-hitung ini juga sebagai kado dari aku. Maklum aku masih mengumpulkan pundi-pundi masa depan :D

Baiklah, kebanyakan bicara. Jadi kali ini aku bikin MIE AYAM BAKSO. Resepnya aku liat di blognya mbak mimi dengan sedikit perubahan karna ada bahan yang tidak terbeli atau kehabisan.



BAHAN:
100 ml kecap manis 

500 gr daging ayam , potong kotak
3 sdm kecap manis
2 btg daun bawang, rajang
3 sdm saos sambal 

 

BUMBU HALUS: 
3 bh bawang putih
5 bh bawang merah
1 sdt merica
1 sdt ketumbar

2 cm kunyit
2 cm jahe
4 btr kemiri

50 gr gula merah

BAHAN KALDU: 

1 ltr air
1 sdt garam

1 sdm merica
seujung kuku jahe
1/4 buah pala
4 btr bawang putih

2 butir kemiri
Bumbu  rempah (kapulaga & bunga lawing)
Daun bawang iris

PELENGKAP :

  1. 1/2 kg mie ayam (mie keriting) direbus sebentar.[Saya pakai mie kuning biasa, karna mie ayamnya, habis] 
  2.  Sawi Caisim ,rebus sebentar. 
  3.  Bawang goreng. 
  4.  Sambal cabe rawit. 
  5.  Daun sup

CARA MEMBUAT : 
  1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang.Masukkan ayam, tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam.masukkan kecap asin,saos sambal,kecap ikan (kalau suka),biarkan hingga matang dan bumbu terserap.sisihkan. 
  2.  Buat kaldu. Tumis bawang putih dan,pala dan merica yg telah dihaluskan hingga matang. 
  3.  Tuang air,biarkan mendidih. Lalu masukan bumbu rempah. 
  4.  Lalu masukkan garam, dan bawang prai. Jika mau lebih okay bisa ditambah bakso. 
  5.  Masak hingga baksonya lembut. 
  6.  Sajikan bersama pelengkap.

CARA MENYAJIKAN.

  1. Mie dan sawi yang sudah direbus di masukan ke mangkuk. 
  2. Tuangkan Ayam yang sudah ditumis. 
  3. Tuangkan kaldu  
  4.  Sajikan bersama daun sup, sambal rawit dan bawang goreng.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea