[DIY] Simple Resep Kue Bolu



Well, akhirnya aku berhasil bikin kue ini setelah dua kali gagal. Dari keberhasilan ini, saya baru sadar ternyata hal yang membuat kue yang saya buat terutama bolu itu gagal adalah karena telur tidak mengembang sempurna.




Karna kali ini berhasil, maka saya beranikan diri untuk membuat postingannya di blog :D.
Resep ini saya dapat dari tante saya dan it's very simple. Dan juga saya tidak perlu repot lagi menggunakan oven baik itu yang harus diletakan diatas kompor atau oven yang listrik.

Untuk kue bolu ini saya hanya perlu pan yang di jual di home shopping sebagai penganti loyang dan alumunium yang diisi pasir sebagai pengganti oven.



Untuk tempat pasir pada gambar diatas itu adalah alumunium yang biasanya terletak dibagian atas oven tradisional. Jika tidak punya bisa diganti dengan seng juga. Dan mengapa diisi pasir? hal itu dikarena agar kue yang kita buat tidak cepat hangus padahal kue belum masak dengan sempurna.


Baiklah, kebanyakan ngomong nih saya.
Ini resep kue bolunya.

Bahan :
- 3 Butir telur (Jika telur berada didalam kulkas, sebaiknya dikeluarkan agar suhunya sama dengan ruangan semalaman atau minimal dibiarkan selama 30 menit.
-100gr gula pasir
-100gr tepung terigu
-50gr mentenga (dicairkan)
-1sdt SP
-1/2 sdt vanili
-Pewarna makanan
-Sukade (ini bisa diganti yang lain, seperti kismis)

Cara membuat:

- Kocok telur dan gula hingga benar-benar menggembang. Teknik dari saya untuk tahap ini adalah pisahkan kuning dan putih telur. Kocok putih telur terlebih dahulu kemudian, setelah agak berbuih masukan kuning bersama SP pastikan adonan ini mengembang dan kocok menggunakan max speed di mixer anda.

Adapun cara mengetahui bahwa telur itu sudah mengembang, anda bisa menggunakan spatu}{la kue atau sendok. Ambil sedikit adonan, kemudian coba diangkat, jika adonan masih belum 'menggantung' itu masih lama menunggunya.

- Setelah telur dan gula tercampur merata dan kembang sempurna, masukan tepung terigu perlahan dan turunkan kecepatan mixer anda.

-Setelah itu masukan pewarna makanan aduk merata sambil masukan mentega yang sudah dicairkan. Sedikit tips, untuk mengemat, ketika kita mulai memasukan tepung terigu ke adonan, masukan saja mentega kedalam magic com pemananas nasi, ketika sudah cair kita tinggal memasukannya kedalam adonan.

- Oleskan pan dengan mentega kemudian masukan adonan dan tabur sukade diatasnya.

-Panggang diatas pasir yang terlebih dahulu kita panaskan.

-Panggang lebih kurang 10 menit.


Perhatian , jika menggunakan loyang pan seperti yang saya lakukan. Itu hanya berlaku untuk adonan dengan maksimun 3 butir telur. Jika lebih dari itu, maka nanti loyang tidak akan cukup untuk menampung kapasitas kue.

Selamat mencoba ~












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea