7 Masalah Kesehatan yang dapat dideteksi dari Kuku



Kuku merupakan penutup dan pelindung ujung jari tangan dan kaki. Kuku mengandung lapisan keratin, protein yang juga dapat temukan pada bagian kulit dan rambut. Bagian terluar kuku merupakan bagian keras yang berfungsi melindungi. Bagian melengkung berwarna putih di dasar kuku disebut sebagai lunula, sementara jaringan yang menindih bagian dasar kuku disebut juga kutikula. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.


Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh sehingga pada daerah yang relative hangat maka pertumbuhan kuku akan lebih cepat.
Menurut beberapa sumber, kita dapat melakukan pendeteksian kesehatan dari bentuk, warna kuku kita dan kali ini di postingan 7top, kita akan berbagi ilmu tentang hal tersebut. Berikut 7 masalah kesehatan yang dapat dideteksi lewat kuku. 



1. Masalah Kardiovaskular (Sistem pembuluh darah)

 

Masalah kardiovaskular biasanya dapat dikenali lewat tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol yang meningkat. Akan tetapi, masalah ini ternyata dapat dikenali lewat kondisi kuku. Terdapat sejumlah perubahan pada kuku yang dapat mengindikasikan adanya masalah kardiovaskular.

Jika terdapat bagian tipis berbentuk garis berwarna merah atau cokelat pada bagian dasar kuku, bisa jadi itu merupakan tanda infeksi pembuluh jantung atau vasculitis. Bagian tersebut terlihat kepingan tipis, tetapi sebenarnya merupakan aliran darah. Tanda lainnya yang juga terkait masalah kardiovaskular adalah kuku sendok, pucat, atau kuku berwarna kebiru-biruan.

2. Masalah Paru-paru


Warna kebiru-biruan pada kuku tidak hanya penanda masalah kardiovaskular, bisa juga jadi penanda masalah paru-paru. Kuku berwarna biru bisa jadi merupakan tanda masalah kesehatan terkait oksigen, misalnya: Hemoglobin rendah, Asma, COPD (Chronic obstructive pulmonary disease), Empisema, Bronchitis kronis, Pneumonia. Jika kuku berwarna biru, terlepas dari seperti apapun bentuk kuku, biasanya merupakan tanda akan munculnya penyakit akut.

3. Masalah Kelenjar Tiroid
  

Masalah pada kelenjar tiroid seringkali terkait dengan penurunan dan peningkatan berat badan. Namun belakangan ini, para peneliti menemukan bahwa perubahan kondisi kuku ternyata dapat menandakan masalah tiroid.

Onycholysis (kondisi dimana lepasnya kuku dari jari) sering terjadi pada penyakit hipertiroidisme. Kondisi ini menyebabkan kuku Plummer, yaitu bagian kuku tangan atau kuku kaki berada terpisah dari bantalan kuku. Kondisi kuku seolah terangkat ini dapat diamati pada bagian ujung atau pinggiran kuku. Adanya celah akibat kuku yang terangkat membuat bagian tersebut mudah menjadi kotor sehingga membuat bakteri masuk dan menimbulkan infeksi. Sementara pada kondisi hipotiroidisme, terdapat gejala berupa kuku sendok. Gejala ini membuat kuku berbentuk lebih cembung.

4. Kurang Gizi

Nutrisi dan kuku adalah sesuatu hal yang tak bisa dipisahkan. Nutrisi yang baik akan membuat kuku kita menjadi lebih sehat. Makanan yang mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3, protein, dan zat besi dapat membantu membuat rambut, kulit, dan kuku yang sehat.

Jika kita mengalami kekurangan zat besi gelajanya dapat dilihat pada kuku ialah bantalan kuku yang putih pucat dan ini merupakan gejala yang lazim ditemui pada penderita anemia dan juga  ukuran kuku juga dapat berubah berbentuk seperti sendok saat mengalami kekurangan nutrisi dalam jumlah yang akut.

5. Diabetes
 
Pendeteksian penyakit diabetes pada kuku dapat diketahui dari warna pada kuku. Jika terdapat bentuk seperti noda berwarna kekuning-kuningan pada kuku selama beberapa hari, yang terlihat seolah warna jus lemon, bisa jadi warna tersebut merupakan indikasi penyakit diabetes.

Diabetes dapat memicu warna kuning pada kuku dan kulit, akan tetapi kondisi ini lebih lazim diamati pada kuku. Perubahan warna ini kemungkinan disebabkan glukosa yang terhubung dengan protein kolagen pada kuku. Jika noda kuning pada kuku tidak kembali pada kondisi normal dan terdapat gejala diabetes lainnya, seperti lebih cepat haus dan sering buang air kecil,

6. Infeksi

Kulit terasa perih, berwarna merah, dan gatal disekitar kuku merupakan penanda ada yang salah. Seperti bagian tubuh lainnya, kuku tangan dan kaki rentan terhadap infeksi. Kondisi ini sering terjadi pada orang dewasa dan disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus kutil. Infeksi kuku sebenarnya bukanlah masalah kesehatan yang sistemis, tapi masalah ini perlu ditangani oleh dokter, terutama jika terdapat kondisi medis yang dapat memperlemah sistem imun.

Bakteri, jamur, dan virus pada kuku dapat menyebabkan kondisi kuku yang semakin parah. Jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan kuku. Oleh sebab itu, perawatan kuku juga diperlukan, tapi perlu diingat perawatan yang salah dan penggunaan alat manicure di salon (satu alat dipakai untuk bersama) dapat juga memicunya.

7. Kanker Kulit


Kanker Melanoma atau kanker kulit adalah kanker yang menyerang kulit di mana sel-sel kanker berkembang pada sel melanosit yang menghasilkan melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Melanoma sendiri dapat berkembang diarea mana saja meskipun yang rentan terkena penyakit ini adalah daerah yang terpapar sinar matahari. Untuk melanoma yang dapat dideteksi melalui kuku adalah melanoma yang disebut dengan istilah melanoma subungual. Ini merupakan bentuk langka dari penyakit melanoma yang terjadi di bawah kuku dan dapat memengaruhi tangan dan kaki. Tanda pertama dari melanoma subungual adalah terjadi perubahan warna pada area kuku menjadi cokelat atau hitam. Namun, banyak orang salah menilai hal ini. Orang mengira bagian kukunya mengalami memar biasa. Orang yang memiliki pigmen kulit gelap atau bahkan hitam lebih rentan mengalami melanoma jenis ini. Segera ke dokter untuk mendianogsa lebih jauh tentang penyakit anda.


Semoga bermanfaat :D

Sumber bacaan :
http://www.bglconline.com/2014/06/6-masalah-kesehatan-kondisi-kuku/
http://akalgue.blogspot.com/2013/09/9-macam-bentuk-kuku-untuk-mengetahui.html
http://ridhwanyunaser.blogspot.com/2014/08/pengertian-tentang-kuku.html
http://health.liputan6.com/read/646672/melanoma-kanker-kulit-yang-ditandai-dengan-tahi-lalat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Drama Korea